Perbedaan Program dan Pemrograman !

Apakah Program dan Pemrograman itu ?



Sumber : http://bbmsepsite.blogspot.co.id




Algoritma baru efektif jika dijalankan oleh sebuah pemroses (processor). Pemroses itu bisa manusia, komputer, robot, mesin, dsb. Pemroses membaca setiap instruksi di dalam algoritma lalu mengerjakannya. Suatu pemroses harus :
1.       Mengerti setiap langkah dalam algoritma
2.       Mengerjakan operasi yang bersesuain dengan langkah tersebut.
Kita memfokuskan pemroses algoritma adalah komputer. Komputer adalah alat bantu untuk menjalankan perintah-perintah di dalm algoritma yang telah dimasukkan kedalamnya. Agar komputer mengerti perintah apa yang dimaksudkan, maka perintah tersebut harus ditulis dalam bahasa yang dipahami olehnya. Oleh karena itu, algoritma harus ditulis dalam bahasa khusus, yaitu bahasa komputer. Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasa pemrograman. Orang yang membuat program komputer disebut pemrogram, dan kegiatan merancang dan menulis program disebut pemrograman. Di dalam pemrograman ada aktivitas menulis kode program, kegiatan ini dinamakan coding.
Secara garis besar komputer tersusun atas empat komponen utama : piranti masukan, piranti keluaran, unit pemroses utama, dan memori. Unit pemroses utama (Central Processing Unit – CPU) adalah otak komputer, yang berfungsi mengerjakan operasi-operasi dasar seperti operasi perbandingan, operasi perhitungan, operasi membaca, dan operasi menulis. Memori adalah komponen yang berfungsi menyimpan atau mengingat - ingat. Yang disimpan didalam memori adalah program (berisi operasi-operasi yang akan dikerjakan oleh CPU) dan data atau informasi (sesuatu yang diolah oleh operasi-operasi). Piranti masukan dan keluaran (I/O device) adalah alat yang memasukkan data atau program ke dalam memori, dan alat yang digunakan komputer untuk mengkomunikasikan hasil-hasil aktivitasnya. Contoh piranti masukan antara lain papan ketik (keyboard), mouse, joystick, dan cakram (disk). Contoh piranti keluaran adalah layar (monitor), pencetak (printer), dan cakram.
Mekanisme kerja keempat komponen diatas dapat dijelaskan sebagai berikut. Mula-mula program dimasukkan ke dalam memori komputer. Ketika program dieksekusi (execute), setiap perintah di dalam program yang telah tersimpan didalam memori dikirim ke CPU. CPU mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan perintah tersebut. Bila suatu perintah didalam program meminta data masukan, maka data dibaca dari piranti masukan, lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya. Bila program menghasilkan keluaran, maka keluaran tersebut ditulis ke piranti keluaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar/monitor). 
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar